Powered By Blogger

4.30.2012

Perilaku Konsumen

Konsumen adalah seseorang yang membeli dan mengurangi kegunaan suatu barang atau jasa. Dalam memahami bagaimana perilaku seorang konsumen dapat dilakukan 2 jenis pendekatan yaitu pendekatan kardinal dan pendekatan ordinal.


Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku dari konsumen, yang pertama adalah faktor sosial, yang terdiri dari grup, keluara serta peran dan status. Keadaan lingkungan sosial seseorang dapat membentuk perilaku konsumen contohnya saja dalam keluarga yang memang sejak kecil seseorang sudah diajarkan bagaimana dia dapat membeli suatu barang dengan melakukan penawaran harga yang biasa dilakukan orang tuanya. Faktor yang kedua adalah faktor personal, contohnya seperti situasi ekonomi, gaya hidup, kepribadian, umur, dan pekerjaan. Faktor yang ketiga adalah faktor psikologi seperti motivasi, persepsi, kepercayaan, dan pembelajaran. Faktor yang keempat yaitu faktor kebudayaan seperti subkultur dan kelas sosial.

No comments:

Post a Comment